Thursday, May 9, 2013

BERKEMBANG DENGAN TEKNOLOGI



Kebutuhan adalah hal mutlak yang harus dipenuhi manusia. Tak ada manusia hidup di bumi tanpa memikirkan kebutuhan. Kebutuhan akan jasmani dan rohaninya mutlak harus dipenuhi. Banyak cara yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tersebut guna  mencapai kepuasan batin. Upaya-upaya tersebut banyak membuahkan hasil tetapi juga banyak yang gagal tak berujung.
Indonesia adalah negara yang mempunyai jumlah penduduk  sekitar 250 juta jiwa.[1] Angka tersebut merupakan angka yang sangat besar. Dengan jumlah tersebut tentunya diikuti dengan jumlah kebutuhan yang semakin meningkat. Yang menjadi masalah adalah saat ini kebutuhan masyarakat semakin banyak tetapi sebagian besar belum terpenuhi.
Masyarakat Indonesia sangat diresahkan dengan hal tersebut. Banyak orang takut jika kebutuhan hidupnya tidak akan terpenuhi. Masalah semakin dipersulit dengan sifat masyarakat Indonesia yang cenderung konsumtif. Sifat tersebut sulit dihilangkan dari benak masyaralat Indonesia.
Pemerintah semakin bingung untuk mengatasi masalah-masalah yang ada. Hasilnya adalah banyak pengangguran di kota besar. Banyak aksi yang menuntut pemerintah. Mirisnya adalah angka kriminalitas semakin bertambah karena kebutuhan yang menambah.
Dari paparan di atas mucul pertanyaan. Pertama adalah apa sebenarnya yang mendorong kebutuhan manusia semakin bertambah? Apa dampak terburuk yang ditimbulkana? Pertanyaan yang umum adalah bagaimana solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut?
Manusia memang adalah makhluk ekonomis. Maksudnya adalah makhluk yang ingin memiliki segala sesuatu dengan pengeluaran seminimal mungkin. Keinginan untuk memperoleh keuntungan yang besar memang sudah wajar. Kebutuhan manusia yang semakin bertambah dan pendapatan yang semakin berkurang merupakan masalah besar yang dihadapi setiap orang. 
Yang menjadi masalah adalah apa sebenarnya yang mendorong kebutuhan menusia semakin bertambah? Kebutuhan manusia semakin bertambah dikarenakan jumlah penduduk yang semakin bertambah. Hal lain yang berpengaruh adalah mengenai globalisasi yang mendorong manusia untuk memiliki segala sesuatu yang tidak mutlak harus dipenuhi. Alhasil kebutuhan manusia semakin banyak tetapi alat pemenuhan kebutuhan tidak seimbang. Selanjutnya yaitu mengenai selera masyarakat yang semakin meningkat. Selera masyarakat yang dulunya apa adanya sekarang menjadi lebih kompleks.
Apabila kebutuhan manusia semakin banyak, dampak yang dirasakan juga semakin banyak. Banyak masyarakat yang mengeluh tantang dampak yang disebabkan karena kebutuhan yang semakin banyak. Karena kebutuhan manusia yang semakin banyak menyebabkan sumber daya untuk pemenuhannya semakin berkurang. Hasilnya adalah kebutuhan manusia tidak dapat dipenuhi. Dampak terburuk yang ditimbulkan adalah cara pemenuhan kebutuhan yang semakin sulit mengingat sudah banyaknya cara-cara yang digunakan tetapi tidak membuahkan hasil. Dampak lain yaitu lapangan penekerjaan yang sekarang semakin sulit didapat. Masyarakat sudah menempuh jalan pendidikan melaluii perguruan tinggi dengan jurusan yang bermacam-macam tetapi belum juga atau sulit mendapatkan lapangan pekerjaan. Banyak masyarakat di negeri ini yang mempunyai potensi tinggi tetapi tidak mempunyai tempat dan kesempatan di Indonesia untuk mengembangkan potensinya. Akibatnya, Indonesia semakin terpuruk dengan keadaan yang tidak berkembang menjadi lebih maju.
Pertanyaan paling besar adalah apa solusi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang semakin tak terkendali? Banyak solusi-solusi yang telah diberikan. Misalnya adalah menempuh jalan pendidikan yang lebih tinggi agar mudah mencari peluang pekerjaan. Tetapi fakta membuktikan banyak orang-orang lulus kuliah dengan gelar tinggi tetapi tidak juga mendapat pekerjaan. Menempuh pendidikan tinggi memang harus dilakukan. Karena untuk mencapai cita-cita negara Indonesia yang ingin mencerdaskan kehidupan bangsa. Tetapi ilmu yang didapat juga harus dikembangkan. Kita sebagai masyarakat yang berkembang dan mempunyai potensi tidak boleh hanya menunggu pemerintah turun tangan. Kita sebagai warga yang mandiri harus bisa mengembangkan diri kita sendiri dengan ilmu yang sudah kita peroleh.
Pekerjaan yang baik bukan hanya pekerjaan yang didapat dari bantuan pemerintah saja. Tetapi pekerjaan yang kita ciptakan sendiri atau lapangan pekerjaan yang kita ciptakan untuk orang lain. Indonesia sepantasnya mengembangkan pola sepeerti itu karena seperti kita tahu saat ini banyak masyarakat yang mengandalkan peran pemerintah untuk mendapatkan lapangan pekerjaan sedangkan sumber daya manusia lebih banyak dibandingkan dengan lapangan pekerjaan yang ada.
Jika kita ingin menjadi lebih maju, masyarakat harus mulai berani mengembangkan diri sendiri untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Dalam hal ini, lapangan pekerjaan yang belum banyak ditemukan yaitu usaha berbasis teknologi. Usaha berbasis tehnologi ini maksudnya  usaha yang pada dasarnya menggunakan kemajuan teknologi yang semakin berkembang.
Indonesia sebagai negara pengguna gadget yang angkanya besar seharusnya bisa mengembangkan potensi usaha berbasis teknologi ini. Kita bisa memulainya dengan menuntut ilmu di bidang tehnologi untuk memperkuat kemampuan kita menggunakan teknologi. Selanjutnya adalah mengembangkan potensi teknologi yang kita miliki ke dalam dunia usaha. Contoh usaha yang dapat digunakan adalah bisnis dengan menggunakan teknologi. Dalam hal ini yang akan dibahas adalah mengenai bisnis teknologi.

Teknologi yang dapat dicoba yaitu berbisnis melalui internet. Internet berpeluang besar untuk bisnis yang kita jalankan. Karena banyak orang menggunakan internet. Dalam berbisnis dalam internet kita harus menjamin keamanannya.
Saya menawarkan berbisnis makanan tradisional melalui internet. Makanan tradisional ini bisa dipublikasikan atau ditawarkan melalui akun twitter, facebook, maupun blog. Saya yakin bahwa akan banyak orang yang menyukai makanan tersebut karena selain tradisional juga dengan tampilan yang menarik. Apabila makanan kita tawarkan lewat jejaring sosial, maka akan banyak orang yang memesan.


Saya juga menawarkan untuk berinvestasi pada mesin-mesin. Karena mesin atau teknologi dapat digunakan, sehingga hal itu menjadi peluang besar untuk berinvestasi.
Perlu peran pemerintah dalam hal ini agar ke depannya lebih banyak peminat pengguna internet. Kita juga harus jeli dalam memilih sesuatu dalam berbidnis di internet. Karena negara kita akan lebih maju apabila menggunakan kelabihan teknologi yang kita miliki.


http://www.sbm.itb.ac.id/mba
http://www.facebook.com/pages/Mba-Itb-Blog-Competition/122966194553521?ref=ts&fref=ts

this article is naturaly by kiki zakia -30/04/2013-

Statement of Disclaimer:
"I declare that my article entitled "Technopreneur" is a work of it is own and has not been submitted in any form to other competition or posting on social media. source of information in this article comes from my thinking. If I am caught do plagiarism I am ready for the consequences.

[1] BKKBN

7 comments:

  1. Ok,, memang teknologi perlu tapi kalok berlebihan memang tak baik

    ReplyDelete
  2. Di zaman dulu beda dengan zaman sekarang, anak kecil udah pake gadget canggih. Keperluannya pun lebih banyak dan bertambah.

    ReplyDelete
  3. Jadi pengembang teknologi sekalian, biar lebih dari sekedar pemakai,
    lanjutkan --9

    ReplyDelete
  4. bagus, kehidupan akan lebih baik dgn teknologi

    ReplyDelete
  5. kurang menarik! sebaiknya di tambah gambar/animasi dalam setiap postingan

    ReplyDelete